Sunday, November 9, 2008

Tiap Hari Bisa Bahagia ?

Kuncinya bersyukur. Kalo bahagia itu akumulasi dari banyak hal. Kita bisa menciptakan diri kita yang bahagia. Pas kita merasa diri kita ga bahagia, entah itu lg bt, marah, sedih, dkk karena suatu hal, kita harus mengingat-ingat apa yang ud kita miliki, trus lo liat kondisi di sekitar lo. Banyak banget orang-orang yang berada ‘di bawah’. Banyak banget orang-orang yang masih kekurangan dalam berbagai hal.
Apa diri lo g tau siapa orang tua lo ? Apa pakaian lo tambal sana-sini ? Apa lo g pake alas kaki ? Apa lo kalo pengen makan harus ngacak-ngacak tempat sampah ? Apa lo kalo butuh duit harus ‘turun’ ke jalanan ? Gw yakin dari sekian banyak orang yang i.allah baca tulisan ini bakal ngejawab “ngga” untuk smua pertanyaan barusan.
Ini caranya bersyukur. Kalo sepanjang hidup lo, lo cuma ngliat ‘ke atas’, lo akan sulit untuk bersyukur. Dengan diri lo selalu ngeliat ‘ke atas’, lo akan selalu merasa hidup lo penuh dengan kekurangan, tapi kalo lo sering melihat ‘ke bawah’, lo akan merasa hidup lo sudah cukup, bahkan berlebih, dan lo akan bersyukur atas apa yang ud lo miliki. Dengan bersyukur lo akan merasa diri lo sangat beruntung dengan kondisi hidup lo, lo akan senang menjalani hidup dan lo akan bahagia.
Ga salah juga bagi diri kita untuk sesekali melihat ‘ke atas’, agar kita punya cita-cita, punya target untuk dikejar, tapi kalo sepanjang hidup cm ngliat ‘ke atas’ lo akan merasa capek, karena setiap lo sudah dapetin itu posisi ‘di atas’, lo akan merasa tetap kekurangan, karena di atas langit masih ada langit. Lo akan berusaha untuk lebih tinggi, dan ini g akan pernah berhenti.
Kalo lo lagi kena masalah dll. Jangan jadiin itu masalah sebagai alesan untuk menciptakan diri lo sebagai orang paling merana dan g bahagia di dunia. Liat ‘ke bawah’, dan lo akan temuin orang-orang yang lebih berhak dan pantes bilang diri mereka ga bahagia.

3 comments:

saqy said...

postingan ini sebenernya buat memotivasi sapa yaa ?? hmm , hahaha thanks anyway ! I've found those happiness i.allah. hehe. gw setuju sama pendapat lo , tapi ga semua kebahagiaan itu dalam cakupan 'materi', but soul does need happiness. meskipun tu happiness ga gw punya, tapi gw bisa merasakan, meskipun rasa bahagia itu belom jadi milik gw sepenuhnya.hehehe. I have a lotsa friends who could makes me laugh, nd i.allah that would be the best treatment for my lack of happines. amin. hehehe I heart my friends ! hehehe

Iqbal said...

hahahahhahaha iseng aja gw nulis2 ini. .ada yg ngerasa ya alhamdulillah, ngga ada jg alhamdulillah hahahahaha. .
soul ? kebahagiaan rohani ?? ibadah jawabannya. .puncak dr segalanya. .
tapi mnrt gw dgn mensyukuri apa yg lo sebut 'materi' itu jg bikin soul2 itu bahagia. .gw sih ngerasa gt he2
tp y ngga tau lagi, orang kan pny pemikiran beda. .mnrt gw ya ibadah itu jwbnnya. .

Anonymous said...

gue stuju sama pemikiran lo. ngeliat ke atas juga sangat dianjurkan tp jangan lupa diri syaratnya. knapa banyak orang yg udah dapetin targetnya yg dia bilang di atas malah makin ga bahagia, ya bener kuncinya di iman n ibadahnya. dan buat orang yg masih ngerasa hidupnya dibawah dan blom bisa menemukan cara bersyukur yg benar, slain melihat k bawah, coba pikir kalo kalian masih dikasih nafas sama Allah, tandanya ada satu misi yg Allah suruh di dunia.

kadang gue ngerasa kesepian yg bener2 kesepian, tp biasanya gue langsung sholat n baca al-qur'an,dan ga henti2 untuk istighfar meskipun masih sering ngeluh. Insya Allah kalo kita bisa ngelewatin itu dengan ikhlas, derajat kita bisa keangkat dimata Allah.

terakhir, buat yang ga pernah ngerasa bahagia, tenang aja dengan slalu bersyukur dan senyum, kalo slama ini kita blom dikasih anugerah kebahagiaan, prcaya deh akhirnya kita pasti dikasih. kapannya, ya skenario Tuhan. Dan untuk org2 yg ga dikasi2 kebahagiaan, sorry, mungkin kalian harus nanya balik k diri sendiri "Apa Tuhan pantes ngasi lo kebahagiaan sedangkan lo ga pernah bersyukur?". Ada harga yang harus dibayar, guys!